2 Pilar Penting dalam Bisnis Network Marketing

 

Untuk membangun bisnis network marketing yang solid, ada 2 pilar yang sangat penting.

Kedua pilar itu adalah:

#1. PROSPEKTING
Prospekting adalah lebih kepada tindakan menghubungi atau mendatangi seseorang dan lebih kepada interaksi one-on-one. Bisa berupa sms, facebook message,dll.

Prospekting adalah tindakan kita mendekati meng-approach seseorang baik secara offline maupun online, baik cold market ataupun warm market.

Bisa lewat Facebook, instagram, twitter, dll. Tujuan kita melihat atau menjajaki apakah mereka terbuka terhadap produk kita, terbuka terhadap peluang bisnis kita.

Dalam konteks social media, prospekting adalah aktifitas kita menjajaki atau melakukan kontak personal dengan seseorang yang terhubung dengan kita di social media (teman di Facebook atau Instagram, dll) untuk melihat atau menjajaki apakah mereka terbuka dan mau melihat produk atau peluang bisnis kita.

Disanalah kita mulai membuka komunikasi. Itulah salah satu aspek kegunaan dari sosial media yang bisa mendukung aktifitas prospekting ke calon prospek.

#2. MARKETING

Pilar kedua adalah Marketing, yaitu suatu tindakan atau aktifitas yang kita lakukan secara sengaja dengan harapan ada seseorang yang akan merespon atau bereaksi terhadap tindakan kita itu.

Marketing bisa berupa iklan, update status media sosial, Facebook live, brosur, billboard, dll.

Semua adalah kegiatan marketing dimana kita berharap ada seseorang yang akan bereaksi dan merespon.

Reaksinya bisa berupa klik link, membalas email kita, mereka merespond via wa, sms, dll.

Namun ada kesalahan yang umum dilakukan orang ketika menjalankan proses marketing. Ada 2 hal berbeda yang harus kita pahami ketika memasarkan suatu produk yaitu Fitur & Benefit.

FITUR VS BENEFIT

Kebanyakan orang ketika memasarkan produk atau bisnisnya terlalu fokus pada fitur (feature).

Contoh : menjual obat pelangsing herbal.

*Menawarkan Fitur : Obat pelangsing ini terbuat dari bahan yang berkhasiat tinggi. Anda harus membelinya karena terbuat dari bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia. Dibuat oleh pabrik dengan teknologi tinggi…bla bla bla..

*Menawarkan benefit : Bayangkan dalam waktu 2 minggu ke depan berat badan anda bisa turun 10 kg. Bayangkan anda bisa memakai baju apapun yang anda inginkan tanpa khawatir soal ukuran. Hubungi saya jika anda mau tahu bagaimana caranya.

Ketika orang melihat penawaran atau iklan kita, maka yang ada dibenak orang itu adalah “Apa untungnya buat saya?”

“So what??”

Orang nggak akan melihat betapapun hebatnya produk anda, betapapun canggihnya compensation plan anda, betapapun besarnya pabrik yang membuat produk anda.

Yang mereka pikirkan adalah,”Apa manfaatnya produk itu buat saya”.

Bisakah anda lihat bedanya menawarkan fitur dengan menawarkan benefit?

Sebagai Network Marketer kita harus berpikir layaknya seorang marketer. Dari namanya saja Network Marketing maka wajar kita harus belajar sedikit tentang skill Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Gabung Dengan Team Saya ? Silakan Klik tombol ini >>>Send Request