3 Kebiasaan Yang Membedakan Si Kaya Dengan Si Miskin

kaya,miskin,

3 Kebiasaan yang Membedakan Si Kaya dengan Si Miskin
by Jim Rohn

Ketika kita punya perencanaan matang atau semacam road map untuk meraih kekayaan, maka kita pasti akan termotivasi sampai-sampai kita susah tidur karena saking bersemangat memikirkan rencana kita.

Berikut ini adalah tips dari Jim Rohn yaitu 3 kebiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh orang-orang kaya yang membedakan mereka dengan orang miskin.

PRINSIP 70/30
Berusaha mengalokasikan 70% dari penghasilan anda untuk kebutuhan sehari-hari termasuk untuk hiburan anda (rekreasi, nonton film, dll). Yang paling penting adalah bagaimana anda mengalokasikan sisa 30% dari penghasilan anda.

Yuk kita lihat :

CHARITY (Kegiatan sosial)
Menurut Jim Rohn, orang-orang kaya akan membagi lagi 30% dari penghasilannya menjadi 3 bagian. Sepertiga bagian pertama (10% dari penghasilan anda) adalah alokasi untuk kegiatan sosial (kegiatan amal, sedekah, dll). Kegiatan sosial adalah suatu bentuk tindakan kita untuk mengembalikan apa yang sudah kita peroleh kepada komunitas masyarakat yang membutuhkan.

Kebiasaan beramal ini harus dimulai sedini mungkin dan dimulai dari jumlah yang kecil. Untuk menyumbang dalam jumlah kecil pasti akan lebih mudah. Sebaliknya pasti akan sangat sulit dibayangkan ketika kita punya uang USD 1,000,000 dan harus menyumbangkan sebanyak USD 100,000! Ini jumlah uang yang sangat banyak. Jadi mulailah dengan jumlah uang sedikit demi sedikit sebelum waktunya nanti kita memiliki uang dalam jumlah besar.

MODAL INVESTASI

Alokasi 10% berikutnya akan anda pergunakan untuk menciptakan kekayaan. Uang ini digunakan untuk membeli, memperbaiki, membuat, atau menjual. Kata kuncinya adalah melibatkan diri dalam kegiatan bisnis, meskipun hanya bersifat part-time (kegiatan sampingan).

Jadi bagaimana anda akan menciptakan kekayaan ? Banyak sekali caranya. Gunakan imajinasi anda, coba perhatikan keahlian yang anda miliki selama anda bekerja, atau selama menjalankan hobby anda, mungkin anda bisa mengubah keahlian atau hobby anda menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Anda juga bisa membeli sebuah produk secara grosir dan dijual kembali secara retail/eceran. Atau belilah sebuah property lalu anda perbaiki dan dijual dengan marjin profit. Intinya, gunakan dana yang 10% ini sebagai modal untuk membeli peralatan, produk, atau belanja modal.

TABUNGAN

Sisa 10% yang terakhir harus dialokasikan untuk tabungan. Ini adalah bagian yang menyenangkan menurut Jim Rohn, karena kegiatan ini menciptakan ketenangan pikiran dan jiwa anda karena mengetahui bahwa anda telah mempunyai persiapan ketika masa “sulit” tiba.

Tahukah anda definisi “kaya” dan “miskin” ? Orang miskin akan menghabiskan uang mereka dan menyimpan apa yang masih tersisa. Orang kaya akan menyimpan uang mereka dan menghabiskan apa yang masih tersisa.

Jadikanlah kegiatan memberi, investasi, dan menabung menjadi salah satu bentuk disiplin dalam diri anda. Di penghujung hari, minggu, bulan, hasilnya mungkin belum begitu terlihat. Tapi lihatlah 5 tahun kedepan, perbedaannya akan terlihat nyata. 10 tahun kedepan, perbedaannya akan sangat luar biasa.

Semua itu bisa dimulai dengan jumlah uang yang sama, namun dengan filosofi berbeda maka hasilnya bisa sangat jauh berbeda.

Sumber : success.com

BANNER FREE MEMBER

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Gabung Komunitas Belajar Bisnis Online yuuk...hub. 0818856201