9 Tips Ini Bisa Memperpanjang Umur Anda!

cara hidup sehat, diet sehat,gaya hidup sehat,pola makan teratur,cara memperpanjang usiaMembuat perubahan kecil dalam gaya hidup kita bisa memperpanjang umur kita.

Sebuah study baru-baru ini menemukan bahwa ada 4 kebiasaan buruk yang bisa mempercepat perjalanan kita menuju pemakaman alias kematian.

Apa saja kebiasaan buruk itu :
1.Merokok
2.Minuman alkohol
3.Kurang olah raga
4.Kurang konsumsi buah-buahan dan sayuran

Kebiasaan buruk tersebut juga bisa membuat kita jadi lebih tua 12 tahun. Untungnya, masih ada kesempatan bagi anda untuk memperbaiki pengaruh buruk dari kebiasaan jelek diatas, termasuk kebiasaan buruk yang lain.

Berikut ini adalah 9 kebiasaan baik yang bisa membuat tubuh kita terasa dan terlihat awet muda. Yuk kita lihat apa saja kebiasaan baik itu :

1. Jangan makan terlalu banyak

Jika anda ingin mencapai usia hingga 100 tahun, sisakan sedikit makanan di piring anda,jangan semuanya anda habiskan.

Dan Buettner, seorang peneliti yang mempelajari tentang rahasia umur panjang di berbagai belahan dunia,menemukan bahwa orang lanjut usia di Jepang punya kebiasaan berhenti makan ketika mereka mencapai rasa 80% kenyang.

Peneliti di St. Louise University merilis hasil studi mereka bahwa mengurangi makan bisa memperlambat pertambahan usia kita. Penelitian mereka pada th 2008 menemukan bahwa mengurangi kalori bisa menurunkan produksi hormon T3 (hormon thyroid) pada tubuh. Hormon thyroid berfungsi memperlambat metabolisme tubuh dan mempercepat penuaan.

2.Selalu aktif

Bagi pasangan suami istri, melakukan hubungan seksual 2 – 3 kali seminggu bisa memperpanjang usia hingga 3 tahun. Selain itu hubungan seksual yang rutin bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur kita, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melindungi jantung.

Selalu sibuk dengan aktifitas bisa membakar kalori dalam jumlah yang signifikan – setara dengan berlari selama 30 menit (kebanyakan kita malas melakukannya bukan?).

3. Matikan TV

Dalam sebuah studi tahun 2010 ditemukan bahwa orang yang menonton TV lebih dari 4 jam per hari lebih rentan terhadap kematian akibat berbagai penyebab dibanding orang yang nonton TV kurang dari 2 jam per hari.

Kurangi nonton TV secara bertahap, karena tiap 1 jam anda menambah waktu nonton TV per hari bisa meningkatkan resiko kematian anda sebesar 11% dan kematian akibat serangan jantung sebesar 18%.

4. Jauhi sinar matahari

Jangan terlalu banyak terkena sinar matahari karena bisa menyebabkan kanker kulit dan menguranginya akan bisa membuat kulit anda terlihat lebih muda karena mengurangi terjadinya keriput, garis halus pada kulit, dan kulit kendor.

Mulailah menggunakan sun screen pada kulit anda (gunakan SPF 30 atau yang lebih tinggi) dan jangan hanya terfokus pada kulit wajah saja. Flek pada dada dan leher bisa membuat anda terlihat lebih tua.

5.Bersosialisasi dengan banyak orang

Penelitian menunjukkan bahwa resiko terkena serangan jantung bisa meningkat pada orang yang kurang bersosialisasi dengan teman, atau keluarganya sendiri.  Kesepian bisa menyebabkan peradangan. Analoginya sama berbahayanya dengan akibat kolesterol tinggi atau akibat merokok.

Kesepian lebih banyak menyerang orang lanjut usia yang juga rentan terhadap depresi.

6. Minum alkohol secukupnya

Wanita yang minum alkohol 2 atau 3 kali sehari, atau pria yang minum lebih dari 3 kali sehari, memiliki resiko terkena efek buruk mulai dari peningkatan berat badan hingga masalah hubungan personal. Tapi dalam jumlah kecil alkohol mungkin baik untuk anda.

Sebuah studi pada tahun 2010 dalam Journal of the American College of Cardiology disebutkan bahwa kebiasaan minum yang ringan (didefinisikan sebagai minum alkohol 1 kali sehari untuk wanita dan 2 kali untuk pria) memberikan pengaruh yang baik bagi jantung.

Namun tips ini tidak dianjurkan untuk orang Islam ya.

7.Konsumsi buah-buahan dan sayuran

Konsumsi kurang dari tiga potong buah dan sayuran per hari bisa mempengaruhi kesehatan kita. Sumber makanan yang mengandung serat dan vitamin, yaitu buah-buahan dan sayuran bisa menurunkan resiko kena serangan jantung hingga 76% dan berperan penting dalam menurunkan resiko kena kanker payudara.

Sebagai bonus tambahan, buah-buahan dan sayuran berfungsi juga sebagai anti oxidant sehingga dapat mencegah keriput pada kulit.

8. Fokus pada olahraga

Pada tahun 2008, sebuah studi menemukan fakta bahwa latihan fisik dengan intensitas tinggi yang dilakukan secara teratur dapat memperpanjang faktor usia hingga 4 tahun. Hal ini tidak mengejutkan karena olahraga memiliki manfaat positif terhadap jantung, otak, dan metabolisme tubuh.

Bahkan latihan sedang saja misalnya jalan cepat selama 30 menit per hari, dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung.

9. Stop Merokok

Berhenti merokok bisa jadi adalah satu-satunya hal paling penting yang bisa anda lakukan demi kesehatan dan panjangnya usia anda.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Public Health menemukan bahwa wanita yang berhenti merokok di usia 35 th bisa memperpanjang usianya hingga 6 sampai 8 tahun.

Belum terlambat untuk meninggalkan kebiasaan buruk itu. Berhenti merokok bisa memperlambat penyakit dan meningkatkan peluang hidup bahkan bagi seorang perokok sekalipun yang sudah terkena penyakit pada paru-parunya, contohnya seperti penderita kanker paru-paru.
Sumber : health.com

BANNER FREE MEMBER

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Gabung Komunitas Belajar Bisnis Online yuuk...hub. 0818856201