ATTRACTION MARKETING

Apa yg dimaksud Attraction Marketing?

Definisinya simpel banget : Attraction berarti attract atau menarik orang yang memang tertarik dengan apa yang kita tawarkan.BUKAN memberikan penawaran atau berusaha menarik orang yang memang jelas2 tidak tertarik dengan penawaran kita. Tapi ini adalah strategi dimana kita melakukan filter atau menyaring orang sehingga mendapatkan orang-orang yang memang menyatakan minatnya terhadap penawaran kita. 

Bagaimana cara kita melakukannya ?

Simpel : yaitu dengan mendatangkan orang2 yang terpilih dan sudah menunjukkan minat pada penawaran kita lalu kita menciptakan konten dan membagikan value atau nilai tambah kepada audience kita, yang memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh audience kita.

Konten berupa apa? Bisa berupa blog post, video youtube, social media post, facebook live, dll.

Attraction Marketing adalah sebuah konsep pemasaran dimana kita berusaha untuk menarik prospek secara tidak langsung. Prinsipnya adalah kita “sharing dahulu baru kemudian selling”. 

Kita berusaha memberikan ‘value’ terlebih dahulu kepada para calon prospek kita, berinteraksi dengan mereka sehingga akhirnya mereka mengenal kita, suka dengan kita, dan akhirnya percaya dengan kita (know, like, trust). Kita berusaha memposisikan diri sebagai orang yang suka berbagi hal2 yang bermanfaat dan memang dibutuhkan oleh audience kita. Posisikan diri kita sebagai orang yang mempunyai SOLUSI atas masalah yang dihadapi oleh audience kita. 

Kebanyakan orang tampil dengan langsung menawarkan peluang bisnisnya, produknya, atau perusahaannya, dan berusaha merekrut calon prospek tanpa tahu lebih dulu apa keinginan calon prospek. Didalam Attraction Marketing adalah hal yang sangat TABU bahkan DILARANG KERAS untuk melakukan ‘pitching’ yaitu langsung mengajak atau menawarkan orang untuk join bisnis atau membeli produk kita tanpa sebelumnya kita berikan value kepada mereka. 

Jadi penawaran yg sifatnya straight to-the-point misalnya : “hei…ada bisnis bagus nih, perusahaannya terkenal, produknya bagus banget..bla…bla..bla..join yuk!” sama sekali tidak dianjurkan dalam strategi Attraction Marketing. 

Temukan dulu keinginan mereka, kebutuhan mereka, masalah mereka. Bangun hubungan dengan audience kita, berikan mereka solusi atas masalah yang mereka alami maka cepat atau lambat kita akan mendapatkan reward yaitu berupa kepercayaan dari audience atau prospek, hubungan persahabatan, dan lebih besar kemungkinannya untuk menjalin hubungan bisnis.

Dengan strategi ini target utama kita adalah mendapatkan kepercayaan calon prospek atau audience. Dapatkan faktor know, like, trust dari para audience kita. 

Bagaimana cara kita menjalankan strategi Attraction Marketing dalam bisnis kita sehari-hari ?

Ada 3 aktifitas mendasar yang harus kita lakukan sehari-hari dalam menerapkan strategi Attraction Marketing ini, yg dikenal dengan istilah B-E-S :

B = Build
E = Engage
S = Sell

1. Build your audience

Artinya bangun audience kita. Jumlah audience adalah kunci yang bisa membuat semua strategi kita bisa berhasil. Dengan jumlah audience yang besar, maka peluang besar juga bahwa diantara audience itu akan ada orang2 yg akan bisa kita konversi menjadi prospek, calon buyer, atau calon member di bisnis kita.

Bangun audience kita setiap hari secara konsisten.

Seperti apa sih audience itu ? Berikut contohnya :

– Facebook likes & followers
– Youtube subscriber
– Twitter follower
– Instagram follower
– Email list subscriber

FOKUS hanya pada satu audience saja setiap hari misalnya dari Facebook. Dengan fokus pada satu platform saja maka kita bisa memusatkan perhatian dan aktifitas kita dan tidak terpecah dibandingkan jika kita menjalankan lebih dari satu platform, misalnya di FB, Instagram, Youtube sekaligus. Dengan konsisten cobalah kita usahakan hingga kita berhasil mendapatkan 10+ likes/follower per hari dari platform facebook itu, sampai kita merasa sudah mahir di platform tersebut , barulah kita coba di platform yg lain misal instagram.

2. Engage

Engage artinya berinteraksi, kita mengadakan interaksi dengan audience kita. Dengan berinteraksi maka kita membangun hubungan/relationship dengan audience kita yang pada akhirnya kita berharap akan menumbuhkan faktor Know, Like, Trust. Kita berusaha menjadi orang yang dikenal, disukai, dan dipercaya oleh audience kita. 

Artinya akan banyak orang yang mengenal kita, menyukai kita dari konten2 yg kita bagikan, dan mempercayai kita sebagai orang yang ahli dibidangnya.

Bagaimana caranya ? Dengan membagikan konten yg bermanfaat bagi audience kita. Jika menggunakan FB maka kita bisa bagikan text post, gambar2 inspirational quote, video, dll. Konten itu haruslah yang bermanfaat dan sekaligus menarik untuk di share, atau di comment.

Apakah cukup itu saja? Belum cukup! Kita juga harus melakukan apa yang kita ingin audience kita melakukannya. Apa itu?

Kita juga harus berinteraksi dengan audience kita tentang konten mereka. Jadi jangan cuma minta audience kita nge-like atau nge-share konten kita, tapi kita juga harus mau nge-like atau share konten mereka sehingga terciptalah hubungan yg win-win.

3. Sell

Ini adalah bagian yg paling seru. Inilah bagian dimana kita mulai melakukan penawaran/ penjualan produk ataupun bisnis kita. Kita sudah membangun audience, sudah berinteraksi dengan mereka, sudah mendapatkan 3 faktor “know, like, trust” dari audience kita. Inilah saatnya kita boleh membuat penawaran penjualan.

Sayang sekali banyak orang yang tidak melakukan langkah2 1 dan 2 tapi langsung ke langkah 3, yaitu langsung menawarkan penjualan. Mereka tidak membangun pondasi audience mereka dulu melalui aktifitas 1 dan 2 di B-E-S diatas, namun langsung ke aktifitas no.3 yaitu langsung Sell. Inilah yang banyak dilakukan orang sehingga sering kita lihat mereka yg melakukan aktifitas ini disebut SPAM dan pelakunya disebut SPAMMER.

Strategi ini sangat simple dilakukan sehari2 sehingga jika suatu saat kita bingung apa yg harus dilakukan, tinggal melihat 3 aktifitas ini yaitu Build – Engage – Sell.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Gabung Dengan Team Saya ? Silakan Klik tombol ini >>>Send Request