Mengapa Ada Batu Kerikel Dibawah Rel Kereta Api?

kerikil

Barangkali ada yang bertanya apa fungsi batu-batu kerikil dibawah rel kereta api ? Tentunya batu-batu kerikil tersebut bukan iseng-iseng disebar dibawah rel kereta api ya, namun ada maksudnya.

Nah, tujuan dari adanya batu kerikil tersebut adalah sebagai berikut

1.Sebagai Penahan Beban dari Bantalan Rel

Beban dari kereta disalurkan ke bantalan rel dan diteruskan ke Tanah melalui batu kerikil. Dengan demikian posisi rel kereta akan stabil .

2. Sebagai penyerap getaran

Jika lapisan kerikil kurang dari 30 cm maka akan timbul getaran yang cukup besar sehingga bisa membahayakan struktur yang ada disekitar rel kereta api. Getaran yang ditimbulkan ketika kereta api melewati rel juga dapat merusak rel kereta api itu sendiri sehingga getaran tersebut harus diminimalkan. Kerikil-kerikil tersebut berfungsi untuk mengurangi getaran yang ditimbulkan oleh kereta api.

3. Penghambat tumbuhnya tanaman liar

Tanaman liar yang tumbuh dapat membuat tanah menjadi gembur dan berkurang kepadatannya. Disinilah fungsi dari kerikil tersebut yaitu untuk mencegah tumbuhnya tanaman liar disekitar rel kereta api.

4. Sebagai system drainase

Kerikil yang ada disekitar rel kereta api berfungsi menyerap dan mengalirkan air hujan. Air hujan berpotensi menimbulkan erosi pada tanah sehingga sangat berbahaya bagi kestabilan struktur rel kereta api. Dengan adanya kerikil2 tersebut maka air hujan dapat cepat diserap dan dialirkan sehingga mencegah erosi tanah / longsor.

Sumber : wikipedia

BANNER FREE MEMBER

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Gabung Komunitas Belajar Bisnis Online yuuk...hub. 0818856201