Pesawat Ini Bisa Melepaskan Kabinnya Ketika Keadaan Darurat!

Pernahkah anda bayangkan bagaimana kita bisa selamat dari kecelakaan pesawat? Seorang insinyur aviation dari Ukraina bernama Vladimir Tatarenko telah bekerja selama 3 tahun dan telah berhasil menemukan cara memecahkan masalah tersebut. Ia mendisain sebuah kabin pesawat yang bisa dilepaskan dari kerangkanya hanya dalam hitungan detik saat keadaan darurat.

kecelakaan pesawat

Kabin pesawat ini didisain untuk bisa mendarat baik didarat atau di air. Ia dilengkapi dengan parasut dibagian atap dan pelampung anti bocor agar bisa mengapung di air jika diperlukan.

“Selamat dari kecelakaan pesawat adalah mungkin,” kata Vladimir Tatarenko kepada Liveleak.

Namun tentu saja kabin darurat ini tidak bisa menolong jika pesawat diledakkan atau diserang oleh roket.

Setelah dilepaskan dari kerangka utamanya, 2 mesin jet akan mengurangi kecepatannya dan parasut akan terbuka secara otomatis.

kecelakaan pesawat

Sehingga para penumpang dapat mendarat dengan selamat di darat.

alat keselamatan pesawatPelampung anti bocor dari bahan karet juga akan membuat pesawat tetap mengapung jika mendarat di air.

alat keselamatan pesawatTidak perlu khawatir dengan bagasi anda, karena kabin bagasi juga merupakan bagian dari kabin darurat ini.

alat keselamatan pesawatMekanisme pelepasan kabin darurat ini bisa dilakukan dari bagian belakang kabin dekat ekor pesawat, baik ketika take-off, saat terbang, atau saat landing/mendarat.

Yuk kita saksikan videonya berikut ini :

Memang masih ada beberapa pendapat yang meragukan sistem ini antara lain tentang pengaruhnya terhadap kekuatan struktur pesawat, bagaimana nasib pilotnya, dan juga biaya pembuatan sistem ini akan sangat mahal. Padahal dari jutaan penerbangan dalam 1 tahun, hanya 500 orang meninggal dalam kecelakaan pesawat yang terjadi per tahun diseluruh dunia.

Namun penemu sistem ini mengatakan telah mengadakan questionaire dan menemukan bahwa 95% orang akan tetap bersedia membayar lebih demi diaplikasikannya sistem keselamatan ini. Meskipun tidak dijelaskan berapa orang responden yang ikut dalam questionnaire itu.

Sebenarnya system kabin yang bisa dilepaskan ini bukan hal yang baru. Sebelumnya pada February 2013 Airbus juga pernah mengajukan system kabin yang bisa dilepaskan namun fungsinya bukan emergency tapi lebih kepada kenyamanan penumpang saat naik ataupun turun dari pesawat saat di bandara.

Sumber : boredpanda.com, mashable.com.

BANNER FREE MEMBER

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Gabung Komunitas Belajar Bisnis Online yuuk...hub. 0818856201